Masalah Umum di Sosial Media dan Solusinya Untuk Bisnis

Social media for business 300x228 Masalah Umum di Sosial Media dan Solusinya Untuk BisnisSosial media memang menjadi incaran para pebisnis online belakangan ini. Perkembangannya yang massif dan cepat juga terbukti efektif membuat semua orang menggunakan sosial media sebagai salah satu elemen bisnis mereka. Namun memang bukan tidak mungkin sosial media juga memiliki permasalahan. Berikut masalah umum di sosial media serta solusinya untuk bisnis.

Tidak ada Target
Banyak perusahaan yang menggunakan sosial media tanpa target. Bahkan tak jarang diantara mereka yang hanya menggunakan sosial media sebagai ‘syarat’ atas konsekuensi berkembangnya sosial media saat ini. Mereka tidak tahu tentang siapa, apa, kapan dan dimana sosial media harus dimaksimalkan. Hal ini merupakan kesalahan besar dan menjadi umum di dunia sosial media. Oleh karenanya penting bagi brand atau produk yang ingin menggunakan sosial media harus dengan tujuan dan target yang jelas demi memaksimalisasi sosial media tersebut.

Tidak Konsisten
Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan sosial media secara tidak konsisten. Kebanyakan hanya digunakan untuk kepentingan bisnis seperti marketing dan promosi. Padahal sosial media menawarkan lebih dari itu. Interaksi serta keluhan dapat disampaikan melalui sosial media. Klarifikasi serta citra perusahaan juga dapat dilakukan di sosial media. Oleh karena itu buatlah brand atau produk yang ada di sosial media sebagai alternatif lain untuk memajukan bisnis Anda.

Terlalu Banyak Rewards
Banyak perusahaan dari sebuah brands atau produk di sosial media menggunakan rewards untuk meningkatkan trafik serta fans atau followers di sosial media mereka. tak jarang mereka menawarkan kuis yang hadiah yang menarik. Hal tersebut tentunya tidak menjadi masalah dan normal, namun perlu diingat untuk tidak berlebihan. Hal ini mencegah timbulnya ‘fake fans’ atau ‘fake followers’ yang hanya berkunjung sekedar memburu hadiah kuis. Anda perlu hati-hati dengan fenomena ini. Baiknya untuk tidak terlalu sering mengadakan kuis atau rewards lain agar Anda mendapatkan followers yang tersegmentasi dan potensial bagi bisnis Anda.

Data dan Ide
Sosial media adalah berbicara tentang sesuatu yang cepat dan masif serta dapat berubah hanya dengan hitungan menit. Hal ini tentu akan sulit untuk mencapai sebuah keputusan baik tentang strategi, performa dan lain-lain. Namun yang perlu digarisbawahi adalah data dan ide. Banyak pebisnis yang terlalu mengartikan data secara konvensional tanpa mengkreasikan dengan ide dari tim mereka. Ide yang orisinal akan lebih baik dibandingkan jika strategi Anda hanya disimpulkan dari beberapa data. Baiknya jika Anda mengolah data dan menelaah hal tersebut untuk menjadi evaluasi dari strategi. Kemudian selanjutnya Anda dapat melakukan sebuah strategi menggunakan ide dan gagasan Anda berdasarkan pada evaluasi data tersebut.

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.