Google+ Saingi Foursquare Dengan Upcoming Fitur “Check-in Offers”

google plus 1 300x179 Google+ Saingi Foursquare Dengan Upcoming Fitur “Check in Offers” Jejaring sosial raksasa mesin pencari Google+ diberitakan akan segera meluncurkan fitur terbaru yang akan menjadi pesaing Foursquare. Layanan berbasis Google+ mobile application ini bukan hanya menawarkan ‘check in’ pada sebuah area melainkan juga menawarkan beberapa deal dan diskon yang menarik.

Fitur ini memang belum resmi diluncurkan meskipun telah disebutkan pada Google Place help documentation. Meski demikian, berita ini bukan lagi sebuah berita baru mengingat layanan berbasis lokasi ini telah ada pada Google Latitude Launched Checkins pada Februari sebelum diluncurkannya Google+ itu sendiri.

Saat ini Google+ telah tersedia dalam layanan mobile, hal ini memungkinkan untuk layanan check-in dapat diterapkan layaknya Google Latitude atau Google Places. Google Latitude juga memiliki inti layanan yang sama dengan memungkinkan pengguna untuk mensinkronkan Latitude check-ins pengguna dengan google+.

Google tampaknya harus menghentikan Latitude ketika nanti secara resmi meluncurkan Google+ Check-in ini. Pasalnya saat ini netizen sedikit kebingungan dengan beberapa fitur yang berbasis lokasi yang ditawarkan Google seperti Google Shopper Application untuk iOS/Android, The Google Offers Application for Android, dan Google Offers website. Dan nantinya akan segera ada untuk versi Google+.

Selain itu, beberapa netizen juga cukup kecewa dengan layanan Google yang satu ini. Pasalnya beberapa penawaran yang diberikan tidak termasuk pada diskon yang diberikan. Banyak additional yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan diskon yang ditawarkan. Hal ini dianggap tidak sebanding dengan penawaran itu sendiri.

Pada Google+ Check-in Offer yang nantinya akan diluncurkan, pengguna Google+ dapat menerima deal atau diskon dengan berkunjung pada sebuah lokasi. Pengguna dapat melakukan check-in demi mendapatkan poin redeem yang nantinya dapat ditukarkan dengan beberapa penawaran yang ada di lokasi tersebut.

Meski banyak orang yang menyamakan dengan teknologi sebelumnya, Google membantah hal ini bukan sebuah inovasi nyata. Google menegaskan bahwa Google+ Check-in Offer tidak sama dengan Google+ ataupun Google Latitude.

“Ini adalah Google+ Check-in Offer, bukan google Place Check-in Offer atau Google Latitude Check-in Offer.” Demikian pernyataan Google pada TechCrunch, Rabu (7/12/2011)

Meski demikian, para pengamat sosial media tidak menganggap hal tersebut bukan hal yang baru. Google+ Check-in Offer merupakan redefinisi dari fitur serupa yang telah dimiliki sebelumnya oleh Google.

Selain itu, adanya Google+ Check-in Offer juga dapat membuka ‘genderang perang’ dengan sosial media yang telah populer dengan basis lokasi, FourSquare. Peluncuran Google+ Check-in Offer ini memang menjadi persaingan baru yang akan memanas antara FourSquare dan Google ke depan. Namun keduanya belum menanggapi serius akan ‘perseturuan’ ini.

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.