Social Media VS Link Building

social media link building 300x197 Social Media VS Link Building Sejak perkembangan sosial media, dunia bisnis online memang mengalami banyak perubahan dan kemajuan. Segalanya dapat dilakukan serba cepat dan lebih mudah. Perkembangan tersebut nyatanya juga berpengaruh pada teknik SEO yang  ada saat ini. Banyak yang mengkomparasikan antara social media dengan link building yang biasa digunakan untuk meningkatkan trafik. Lalu mana yang lebih baik?

Link building pada dasarnya merupakan teknik SEO yang cukup efektif. Cara ini pada dasarnya adalah membangun link yang berasal dari situs atau website lain yang mengarah pada website Anda. Peningkatan link melalui cara ini langsung akan meningkatkan trafik pada site serta peringkat pada mesin pencari.

Biasanya cara ini dilakukan dengan cara yang cukup konvensional yakni melalui barter. Biasanya ada “pertukaran” antara satu site dengan site lainnya yang masing-masing mengarahkan link partner tersebut. Hal ini biasanya dilakukan pada situs atau website yang memiliki kesamaan konten.

Dengan cara link building ini, pengunjung akan bertambah secara cepat pada website Anda. Tidak hanya itu, biasanya para pengunjung yang ‘diarahkan’ pada situs Anda ini cukup potensial untuk menjadi konsumen Anda. Hal ini karena mereka merupakan konsumen yang memang bukan sekedar ‘berkunjung’ melainkan memang mencari.

Sementara social media pada dasarnya adalah sebuah platform personal yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi di dunia maya. Melalui social media, pebisnis dapat berkomunikasi secara aktif dengan konsumen sehingga lebih efektif untuk melakukan marketing untuk bisnis.

Pada dasarnya untuk urusan bisnis, social media bekerja sangat sederhana. Pebisnis hanya mengarahkan sebanyak mungkin untuk dapat mengunjungi situs atau page atau wall social media Anda tergantung platform yang digunakan. Pada intinya adalah komunikasi yang dijalin serta intensitas trafik tersebut akan membantu bisnis Anda. Social media dapat ditempatkan sebagai ‘avatar’ Anda di dunia maya.

Selain itu, social media tidak hanya berurusan dengan komunikasi. Promosi juga dapat dilakukan dengan status, sharing foto, video dan lain-lain. Semakin berkembangnya social media, maka semakin banyak pula pilihan yang ditawarkan untuk para pebisnis melakukan aksinya di social media.

Sudah banyak fitur serta pilihan yang diberikan beragam platform social media untuk membantu memudahkan urusan bisnis Anda di dunia maya. Namun kembali lagi bahwa semua tergantung seberapa pandai Anda menjalankan ‘campaign’ di social media.

Lalu mana yang lebih baik? Social Media atau Link Building.
Hal ini tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan di dunia maya. Namun mengkombinasikan keduanya tampak lebih optimal untuk perkembangan bisnis Anda. Meninggalkan cara link building dan hanya mengandalkan social media bukanlah pilihan bijak begitu pun sebaliknya. Menggunakan keduanya dapat mengkombinasikan peluang bisnis sehingga peringkat serta interaksi Anda di dunia maya termaksimalisasi dengan baik demi kemajuan bisnis.

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.