Google dan Mozilla Rundingkan Firefox Toolbar

Google and Mozilla Fix Critical Browser Flaws  300x134 Google dan Mozilla Rundingkan Firefox ToolbarRencana Google untuk memutus Moziila dari toolbar mesin pencarinya masih mengalami masa perundingan. Google dan Mozilla masih mendiskusikan untuk mencapai kesepakatan demi menjaga fitur mesin pencari Google di toolbar Firefox. Terlebih saat ini Bing telah siap untuk menyusul raksasa mesin pencari tersebut sebagai saingan mereka.

Baik Google maupun Mozilla terus melakukan negosiasi demi kepentingan keduanya terutama pada iklan. Iklan memang menjadi aset penting bagi Google mengingat raksasa pencari tersebut memanfaatkan sebagian pendapatan iklan untuk membayar kepada Mozilla. Angkanya pun cukup fantastis sehingga Google perlu berpikir dua kali untuk memutus toolbar Firefox.

Hingga kini, kedua perusahaan belum bersuara tentang kesepakanan yang bakal dicapai nantinya. Kedua perusahaan raksasa tersebut memilih untuk menutup rapat setiap hasil pertemuan terkait masalah ini. Disinyalir hal ini demi mengamankan ‘iklim’ investasi iklan mereka.

“Secara umum memang tidak ada komitmen khusus terkait dengan perjanjian bisnis kami dengan Mozilla. Kami pun ingin mengkonfirmasi bahwa kami saat ini masih bekerjasama satu sama lain. Namun kami sangat menyesal bahwa hasil kesepakatan tidak dapat kami ungkapkan demi sesuatu hal” Ujar Juru Bicara Google seperti dikutip eWeek pada Selasa (13/12/11).

Seraya mengamini pernyataan Google, Mozilla pun memilih untuk tetap bungkam terkait masa depan toolbar Firefox dengan Google. Mozilla sendiri saat ini telah tengah gamang dengan hadirnya Chrome sebagai pesaing yang cukup kuat.

“Meski banyak rumor yang beredar, hubungan kerjasama kami (Google dan Mozilla) masih tetap positif. Saat ini kami sedang melakukan upaya negosiasi aktif untuk mencapai kesepakatan yang positif pula. Kami sendiri yakin bahwa Google akan menjadi generator yang kuat dan berkembang di masa mendatang” Ujar Juru Bicara Mozilla.

Mozilla memang tetap menganggap Google sebagai partner strategis. Sepanjang tahun 2010, pendapatan Mozilla berasal dari Google. Sekitar USD 120 juta masuk ke kantong Mozilla. USD 100 juta diantaranya berasal dari bagi hasil mesin iklannya dengan Google.

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.