Tips Berkomunikasi di Sosial Media

social media bandwagon 300x242 Tips Berkomunikasi di Sosial MediaBerkembangnya sosial media saat ini memang turut mempengaruhi beragam aspek kehidupan manusia salah satunya cara berkomunikasi. Saat ini, semakin banyak platform sosial media yang menyediakan beragam fitur dan layanan mereka. Kebanyakan memang menawarkan interaksi dan komunikasi di dunia maya.

Seiring dengan perkembangan teknologi serta internet, media berbicara pun bertambah dan semakin bebas. Setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya di dunia maya. Meski tidak secara langsung, namun berkomunikasi di sosial media juga memiliki aturan dan etika tersendiri.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah berkomunikasi di dunia maya tidak memiliki dialek atau aksen. Pesan yang disampaikan akan datar tanpa ada penekanan nada. Hal ini tentu akan mengakibatkan ambiguitas dan salah pengertian. Oleh karena itu perlu kesantunan saat berbicara di dunia maya.

Cobalah untuk meminimalisir penggunaan huruf besar atau emoticon dengan penafsiran yang ambigu. Selain itu, kata-kata kasar pun lebih baik dihindari terutama yang berkaitan dengan suku, agama dan ras tertentu sehingga menjaga komunikasi di dunia maya.

Perhatikan juga kehadiran ‘orang lain’ di dunia maya. Ingat, dunia maya bersifat terbuka dan umum sehingga semua orang dapat melihat komunikasi yang kamu lakukan di dunia maya. Usahakan untuk lebih sopan dan santun.

Hindari percakapan yang bersifat pribadi yang lebih baik dilakukan dengan sarana atau fitur pribadi. Misalnya pada Twitter, Anda tidak perlu menggunakan Retweet untuk percakapan personal. Cukup menggunakan Reply atau melalui Direct Message. Begitu pula dengan Facebook. Hindari melakukan percakapan melalui Status Update. Gunakan sarana chat yang telah digunakan oleh Facebook.

Dengan komunikasi yang sopan dan santun, maka sosial media pun akan lebih bermanfaat dan tidak menjadi bomerang untuk Anda.

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.