Perubahan di Facebook Brand Timeline

FB TL 300x169 Perubahan di Facebook Brand TimelineHari ini Facebook membuat pengumuman yang sangat penting untuk seluruh pelaku pemasaran baik online maupun offline terkait dengan sistem baru di brand page atau fan page. Social media bentukan Mark Zuckerberg ini membuat perubahan pada brand page ke dalam sebuah format timeline. Berikut   6 perubahan yang dilakukan Facebook di Brand Timline yang wajib dipahami.

Tampilan Baru
Format Timeline untuk brand hampir mirip dengan timeline untuk personal page. Anda bisa menaruh foto di bagian atas Page alias header dan page tersebut dipisah menjadi dua kolom yang merepresentasikan perjalanan waktu. Brand bisa menjabarkan sejarah penting di perusahaannya (seperti peluncuran produk, pembukaan cabang dan yang lainnya) sambil membuat deskripsi untuk para fans. Di sini Anda bisa memposting konten yang berisi aktivitas behind-the-scene, update dan promosi eksklusif untuk memancing interaksi dari fans.

Hilangnya Tab
Format Timeline tidak memiliki panel link yang biasanya terdapat di sebelah kiri fan page lama yang bisa berisi hingga ratusan tab. Kendati aplikasi tersebut masih ada, namun ditampilkan berbeda. Panel-panel tersebut bisa ditemukan tepat di bawah  foto sampul. Lebar timeline serta banyaknya ruang yang dialokasikan untuk aplikasi membuat pengguna hanya bisa melihat tiga panel tab. Untuk melihat tab sisanya, kita harus mengklik sebuah dropdown box. Jadi Anda harus mempertimbangkan secara matang, tab mana saja yang mau ditampilkan. Pasalnya, ini adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh fans saat mereka membuka page Anda.

Tidak Ada Default Landing Page
Pada format Timline, Anda tidak akan bisa melihat landing Page default lagi, sebuah fitur yang sangat memanjakan brand. Lantaran tab Pages juga telah hilang, maka Anda tidak bisa mengatur tab tersebut sebagai default. Ini akan merubah impresi orang saat mereka mengunjungi Timeline Page Andauntuk pertama kalinya. Anda harus benar-benar memperhatikan pesan-pesan teratas di Timline, karena itulah objek pertama yang akan dilihat user. Namun beriklan untuk sebuah brand masih menjaidi hal terpenting lantaran ads masih menjadi cara terbesar yang dipilih brand untuk mengontrol user experience.

Cara Anyar Untuk Feature Content
Salah satu fitur utama yang akan digemari adalah kemampuan untuk mem “pin” beberapa postingan ke bagian teratas timeline, sama kayak sticky post deh. Jadi postingan tersebut bisa tetap berada di atas selama beberapa waktu sampai Anda meng-unpined. Postingan yang di-pin bisa dicirikan lewat adanya ikon bendera orange Anda hanya bisa mem-pin sekali dan akan langsung berada di bagian teratas timeline serta chronological place. Karena Anda tidak lagi bisa membuat default landing page, maka melakukan pinning dari sebuah postingan bisa menjadi cara paling strategis untuk menarik minat pengunjung. Anda bisa mempin gambar, promosi, statement atau pesan tertentu yang akan menarik konsumen mengklik salah satu panel tab dibawah gambar cover.

Dimensi Baru Untuk Tab
Jika sebelumnya Facebook menerapkan dimensi 520 pixel (width) untuk page tab, maka kini mereka telah merivisi dan merubah layoutnya menjadi 810-pixel. Sementara ukuran ikon aplikasi pada brand page juga berubah menjadi 111×74. Optimasi kedua ukuran di atas untuk memperindah tampilan brand page Anda.

Mengirim Pesan Antara Brand dengan User
Setelah menunggu sekian lama akhirnya Facebook memperhatikan hal yang satu ini. Ya, di Brand Timeline kali ini Brand bisa mengirimkan dan menerima pesan dari para penggunanya. Jadi mulai sekarang brand sudah bisa memulai interaksi yang lebih jauh dengan pelanggannya  kesempatan ini bisa digunakan untuk mereduksi ocehan-ocehan negative customer di wall Brand Page dan bisa dikirimkan langsung lewat private message. Jadi Timeline Anda bisa terlhat lebih bersih.

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.