Tips Marketing di Facebook

Does Social Media Marketing Increasingly Mean Facebook Marketing Tips Marketing di FacebookLantaran telah menjadi jejaring sosial paling powerful di ranah maya, maka para pelaku bisnis tidak bisa memandang Facebook sebelah mata. Ya, mereka disarankan menjadikan Facebook sebagai bagian dari strategi online marketingnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi mendongkrak  strategi online marketing

Kasih Alasan Kenapa Orang Harus Jadi Fans
Buat tab yang bisa menarik orang yang pertama kali berkunjung ke fan page Anda mau mengklik tombol “Like”. Dengan melakukan langkah ini, Anda bisa meningkatkan fan conversion rate secara signifikan dan sangat berpotensi mendapatkan fans.

Tetap Pada Topik
Orang yang me-Like brand Anda di Facebook berharap apapun yang Anda posting adalah sesuatu yang berhubungan dengan brand atau industri. Tetap fokus pada apa yang bisnis Anda lakukan mungkin terkesan terbatas, namun justru disitulah tantangannya, berikir sekreatif mungkin. Beberapa hal yang bisa Anda jalankan antara lain:

  • Memposting tentang event yang sedang dan akan dijalankan dan kaitkan dengan brand atau industri Anda.
  • Cari, temukan dan share video baik dari YouTube atau Vimeo terkait dengan brand atau industri Anda.
  • Berinteraksi dengan fans Anda dengan cara memposting pertanyaan, gambar atau cerita tentang brand Anda.
  • Posting konten yang paling menarik yang pernah Anda post sebelumnya sebagai update.

Tanyakan Pertanyaan Yang Tepat

Salah satu cara terbaik agar fans Anda “berbicara” di Facebok adalah dengan menanyakan pertanyaan menarik atau menghibur. Jika Anda bisa melakukannya dengan tepat, maka Anda akan bisa meningkatkan interaksi dengan fans secara signifikan dan bisa membina hubungan dengan mereka. Triknya adalah dengan menanyakan pertanyaan yang mudah dijawab.

Sertakan Gambar Dalam Setiap Update
Twitter lebih fokus pada link dan Facebook menekankan pada gambar. Jadi jangan lupa untuk selalu menyertakan gambar di dalam setiap update. Ide untuk gambar tersebut bisa meliputi gambar customer, produk atau layanan Anda termasuk karyawan dan event. Jangan segan untuk me-retouch gambar tersebut dengan menggunakan software yang ada agar gambar terkesan lebih bagus dan hidup.

Lebih Kreatif Lagi
Sebagai marketer, Anda bisa mengambil keuntungan untuk meningkatkan engagement dengan fans lewat cara yang lebih kreatif lagi. Semisal berbagi link ke blog, Twitter, Google+ atau pages milik mereka ke wall fanpage brand Anda. Tentunya yang memiliki keterkaitan dengan brand dan industri Anda. Dengan memberikan kesempatan para fans untuk berpromosi terkait network mereka, Anda bisa meningkatkan engagement dengan mereka.

Aktifkan Fans Facebook
Para fans di Facebook fan page Anda adalah club, bukan list dan Anda tidak boleh berpuas diri setelah meraih banyak fans tanpa ada yang aktif. Cobalah sedikit kreatif dengan memposting konten-konten yang menarik.

Gelar games atau kontes di Facebook
Semua orang suka kontes dan mendapatkan kesempatan untuk jadi pemenang. Jika Anda butuh percikan segar di wall facebook fan page, adakan kontes. Anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan saat orang men-share kontes yang Anda gelar ke teman-temannya. Ada banyak jeni kontes yang bisa Anda helat. Mulai dari kontes foto sampai dengan kontes video. Agar lebih menarik, Anda bisa mengajak aplikasi third party seperti Wildfire, Strutta, North Social, Shortstack serta membuat iFrame sendiri untuk menerima pendaftar.

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.