Aturan Dasar dan Etika di Twitter

Twitter follow me 300x199 Aturan Dasar dan Etika di TwitterDengan kian berkembangnya serta makin banyaknya pengguna Twitter, membuat micro blogging ini menjadi sedikit “kacau.” Kacau disini adalah menjamurnya pengguna Twitter yang kurang paham mengenai aturan dasar dan etika ber-Twitter. Jadi kita coba menjelaskan kembali beberapa hal terkait yang bisa Anda gunakan untuk bersosialisasi di jejaring sosial 140 karakter ini. Pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda melempar tweet. Jangan buang waktu Anda dan orang lain dengan mentweet sesuatu yang tidak berguna. Berikut aturan dasar dalam etika ber-Twitter.

Buang ReTweet Tidak Berguna
Ingat rekomendasi #FollowFriday atau #FF? Belakangan makin banyak orang meretweet rekomendasi user di Twitter yang tidak berarti. Sebaiknya Anda mengecek terelbih dahulu daftar username yang direkomendasi sebelum meretweet.

Jangan Terlalu Ambisius
Kadang, orang terlalu terkesan memaksa saat mempromosikan produknya di Twitter dan menggunakan pendekatan yang salah. Banyak yang mengirimkan tweet (dengan menyertakan link ke produknya) ke banyak pengguna, namun tweetnya sendiri tidak mengandung banyak informasi. Aga annoying sih, dan yang pasti bisa diacuhkan oleh followers.

Be Nice
Orang akan sangat menikmati perbincangan yang seru dan menyenangkan. Sapalah followers Anda sesekali atau ucapkan terimakasih saat tweet Anda di retweet. Setiap Anda melakukan tweet, tidak perlu harus terhubung dengan website Anda. Jika Anda hanya memposting informasi terkait dengan produk yang Anda jual, Followers akan merasa bahwa Anda tidak peduli terhadap mereka. Jangan mendiamkan orang yang mentweet tentang Anda, ambil sedikit waktu untuk mereply-nya.

Jangan MeReTweet Tweet Anda Sendiri
Kita paham bahwa Anda ingin blog atau produk Anda dilihat oleh banyak orang, namun jika Anda kerap meretweet tweet Anda sendiri yang berisi link ke followers, maka mereka bisa jadi akan mengacuhkan dan bahkan meng-unfollow.

Berinteraksi Layaknya Manusia
Berinteraksilah dengan followers seperti manusia, bukan mesin. Mulai dari menyapa mereka, memberikan ucapan-ucapan saat ada yang merayakan hari-hari penting seperti ulang tahun, kelahiran atau perkawinan. Anda tidak perlu melakukannya setiap hari, cukup sesekali.

Tulis Nama Sumber Tweet Anda
Jika Anda menemukan sesuatu yang Anda suka dan dianggap berguna untuk followers, segera share dan masukkan sumbernya. Kalau orang mentweet sesuatu yang menarik dan Anda ingin meretweet, berterimakasihlah dan mention dia di retweet Anda. Selamat mencoba

 

 

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.