Tips Meningkatkan Layanan Konsumen Melalui Sosial Media

social network icons 300x238 Tips Meningkatkan Layanan Konsumen Melalui Sosial MediaSaat ini sosial media memang memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis. Brand dan produk berlomba-lomba menggunakannya demi meningkatkan kepercayaan konsumen serta menjaring konsumen potensial. Selain itu, sosial media juga kerap digunakan sebagai sarana costumer service demi kemudahan dan kepuasan konsumen. Berikut tips yang dapat diadaptasi guna meningkatkan layanan konsumen melalui sosial media.

Gunakan Twitter
Ditengah bermunculannya sosial media dengan beragam fitur dan layanannya, Twitter masih menjadi sarana jitu dan efektif para brand dan produk untuk melayani konsumen di dunia maya. Twitter bersifat massif dan cepat sehingga konsumen sangat terbantu. Gunakan Twitter untuk menangani sebuah isu, membangun citra brand serta membantu secara cepat para konsumen di dunia maya. Hal ini akan sangat berarti demi pelayanan konsumen. Jangan lupa untuk mengintegrasikannya dengan beragam media lain seperti website, blogs, ataupun Facebook.

Online Chat
Sarana online chat akan sangat berguna bagi para konsumen. Meskipun layanan telpon seperti costumer care telah ada, beberapa konsumen cenderung malas dan enggan menggunakannya. Buatlah online chat untuk memberi pilihan bagi para konsumen. Bagi mereka yang engan menelpon, dapat berkonsultasi atau menyampaikan keluhan melalui media ini.

Buatlah Forum
Forum diskusi akan sangat membantu bagi para konsumen. Bukan hanya sebagai sarana keluhan dan komplain. Lebih dari hal tersebut forum diskusi dapat menjadi media tepat untuk saling bertukar informasi mengenai produk Anda dengan sesama pengguna lainnya.Disamping itu hal ini dapat memungkinkan terjalinnya komunikasi yang baik. Bukan tidak mungkin akan menjadi sebuah komunitas yang menjadi poin penting bagi bisnis Anda.

Komitmen dan Konsisten
Jika Anda siap untuk membuka ‘jalur alternatif’ melalui sosial media jangan lupa untuk berkomitmen atas hal tersebut. Tidak sedikit dari brand atau produk yang hanya membuka jalur melalui sosial media namun tidak menjalankannya dengan baik. Pastikan jika Anda membuka jalur melalui sosial media, Anda telah siap dengan segala pertanyaan, keluhan dan komplain serta elemen pendukung lain seperti teknisi produk. Dan yang paling penting adalah komitmen untuk tetap konsisten melayani konsumen di dunia maya.

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.