Dasar-Dasar Backlink

backlinks 300x225 Dasar Dasar BacklinkDalam praktek SEO, Backlink memang memiliki peranan penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Setiap link Anda yang kembali atau berasal dari link lain akan menjadi prioritas mesin pencari untuk menentukan peringkat pada hasil pencarian, terutama pada Google. Ulasan berikut adalah dasar-dasar backlink atau cara kerja backlink pada sebuah hasil pencarian.

Yang harus dipahami adalah Google selalu mengasumsikan bahwa semakin banyak link yang didapat oleh sebuah website, maka akan semakin penting website tersebut. Logikanya, website tersebut banyak disukai oleh orang dan dianggap referensif. Oleh karenanya peringkat yang baik layak diberikan oleh website ini.

Google juga selalu mengasumsikan adanya keterkaitan antara website. Jika website A adalah website yang penting dan banyak di referensikan, maka ketika website A link pada website B maka Google akan mengasumsikan bahwa website B sama pentingnya dengan website A. Oleh karenanya, website B juga akan mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian.

Jika website A banyak memiliki konten mengenai sebuah topik mengenai A dan website A tersebut melakukan link kepada website B maka Google juga akan mengasumsika bahwa website B juga memiliki topik A sama dengan apa yang dimiliki website A.

Selain itu, teks pada incoming link pun menjadi sorotan oleh mesin pencari. Misalnya jika Anda memiliki sebuah toko bunga online bernama “Pink and Purple Pansies”. Maka untuk menerapkan SEO dan meningkatkan peringkat, keyword yang digunakan sebaiknya langsung pada nama toko Anda.

Hal ini dimaksudkan untuk menjaring konsumen potensial untuk membeli produk Anda. Dengan kata kunci ‘bunga’ bisa jadi para pencari tadi bukan mencari bunga dalam artian produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, kata kunci tersebut telalu general dan menjadi bias ketika muncul di hasil pencarian.

Namun jangan lupa untuk tetap tempatkan kata kunci yang longtail sehingga jangkauan konsumen Anda pun luas. Dengan demikian mesin pencari pun lebih mudah mengidentifikasi serta sistem backlink dapat lebih memungkinkan untuk ‘bekerja’ dengan metode ini.

Dasar-dasar backlink diatas dapat Anda telaah untuk menerapkan strategi serta cara untuk menerapkan praktek SEO demi peringkat yang lebih baik. Yang pasti ‘siklus umum’ pada Google mengenai backlink seperti diatas dapat menjadi pedoman apapun cara dan teknik SEO yang nantinya akan diterapkan.

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.