3 Cara Proaktif Memantau Reputasi Online

brand reputation 300x199 3 Cara Proaktif Memantau Reputasi OnlineBanyak bisnis yang gagal lantaran tidak mampu memelihara reputasi. Banyak perbincangan negatif terkait sebuah brand tertentu bisa meruntuhkan strategi pemasaran yang sedang dilakukan. Langkah awal untuk mengatur reputasi bisnis di dunia online mampu memantau apa yang sedang orang lain katakan tentang Anda, oleh siapa dan seberapa sering mereka memperbincangkannya. Jika semua baik dan dilakukan oleh teman-teman, maka bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan menemui kendala. Sebaliknya kalau banyak komentar negative tentang bisnis Anda maka hal tersebut perlahan akan memiliki efek bola salju.

Keyword Umum Dalam Bisnis Modern
Pikirkan keyword yang paling sering dan akan digunakan oleh orang saat akan mencari sesuatu, khususnya yang terkait dengan bisnis Anda, di Google. Hal tersebut berarti Anda harus mengontrol keyword apa yang akan Anda gunakan di website yang mudah ditemukan, jadikan diri Anda sebagai orang lain. Untuk mengurangi tingkat kompetisi, Anda juga bisa menggunakan long tail keyword.

Untuk melacak reputasi online Anda, keyword juga menjadi hal mutlak yang akan Anda gunakan untuk memantau apa yang sedang orang perbincangkan. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan pencarian di Google dengan menaruh nama perusahaan Anda. Selain website Anda yang akan muncul, obrolan-obrolan negative seputar perusahaan Anda juga akan tampak. Anda bisa melakukan langkah ini setiap minggu atau dalam jangka waktu beberapa hari. Atau Anda juga bisa menggunakan beberapa device berikut.

Google Alerts
Google Alerts bisa Anda gunakan untuk memilih keyword yang berhubungan. Misalnya nama perusahaan Anda. Google akan langsung megirimkan surel saat nama perusahaan Anda muncul di ranah maya dan diindeks oleh mesin pencari Google. Caranya adalah dengan mengatur frekuensi email alerts mulai dari harian atau mingguan di www.google.com/alerts Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Nama perusahaan (termasuk nama alternative lainnya)
  • Pesaing atau competitor Anda
  • Variasi salah ejaan dari nama perusahaan Anda
  • Rentang nama produk, part number dan trade names

Social Oomph
Jika Google Alaerts memonitor berdasarkan database Google, maka Social Oomph bisa digunakan untuk melacak perbincangan di Twitter. Anda bisa membuat akun gratis dan masuk ke Monitors/Keyword Alert email di menu sebelah kiri. Anda diijinkan untuk melakukan pengaturan hingga 50 keyword atau phrase dan mengirimkan recap lewat email secara harian atau tiap dua belas jam.

Tips untuk keywordnya sebelas dua belas dengan Google Alerts. Yang seru saat memantau perbincangan di Twitter adalah elemen real-time nya. Jika mereka sedang memperbincangkan hal negative yang berhubungan dengan bisnis Anda, maka Anda bisa segera bergabung dengan mereka untuk menanggapi atau malah meng-counter untuk menjaga reputasi bisnis Anda. Selamat mencoba!

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.