Peran Social Media di SEO

SEO1 300x231 Peran Social Media di SEOSaat banyak orang mulai merencanakan Search Engine Optimization untuk websitenya, sebagian diantara mereka masih bingung tentang peran apa yang akan dimainkan oleh Social Media di dalam SEO. Social media kerap kali berada dalam daftar terakhir di dalam SEO dengan berbagai alasan, umumnya lantaran cukup banyak yang kesulitan untuk menentukan keterkaitan antara tweet atau pesan di Facebook dengan SEO. Mereka biasanya lebih memilih untuk menentukan phrase kata kunci untuk mendapatkan peringkat yang baik di search engine.

Namun sejatinya, social media kini memainkan peranan yang cukup krusial di search engine optimization. Pencarian kini akan diarahkan menuju ke website yang memiliki akun dengan reputasi baik di social media yang cukup berguna untuk menentukan peringkat.

Konten Apa Yang Ingin Dishare User?

Saat ini makin banyak dijumpai website yang mengimplementasikan tombol jejaring social di halaman situsnya agar pengunjung bisa langsung berbagi konten yang dianggap:

  • Menarik
  • Lucu
  • Mendidik atau menginspirasi
  • Kontroversial atau mengejutkan

Tergantung bisnis yang Anda geluti, beberapa bagian di halaman website Anda bisa menjadi faktor sharing yang paling menentukan. Jadi, jika halaman tersebut berbicara mengenai produk, maka fokusnya bisa seputar:

  • Deskripsi Produk
  • Harga
  • Review
  • Gambar

Prinsip pemasaran disini memang relatif langsung. Sama seperti saat Anda merencanakan konten untuk mengoptimalkan efek SEO, strategi di social media juga bisa menerapkan langkah serupa. Tentukan area konten yang dirasa bisa menarik perhatian pengguna dan bisa dishare. Jangan takut untuk mengimplementasikan konten yang bisa membuat tampilannya kian menarik.

Memanfaatkan Facebook Untuk SEO

Banyak perusahaan menggunakan Facebook untuk berinteraksi  dan mengumpulkan fans yang kemudian bisa merekomendasikan website Anda ke orang lain yang berarti Anda akan menuai lebih banyak “likes” dan mendongkrak trafik. Namun tidak semudah itu, untuk membangun interaksi dan menarik fans membutuhkan sedikit pengaturan.

  • Coba Anda buat entrance page yang bisa membuat pengunjung untuk menglik tombol “like”. Banyak yang bisa Anda lakukan untuk yang satu ini, lebih kreatif dan inovatif.
  • Dengan menggunakan Facebook Ads Anda juga bisa mengarahkan visitor ke fan page untuk membangun fans yang lebih aktif yang bisa membantu peningkatan trafik ke website dan mendongkrak brand awareness dari bisnis Anda.

Situs Social Sharing

Beberapa komunitas inline seperti Digg dan StumbleUpon didedikasikan untuk berbagi konten dan bisa menjadi sangat powerful untuk menyebarkan pesan tentang brand Anda dan membentuk link social media yang akan membantu tujuan SEO Anda. User bisa melakukan voting pada konten dan hasil vote terbaik akan muncul di homepage situs-situs tersebut dan akan mendongkrak SEO yang sedang Anda lakukan. Caranya:

  • Buat konten yang eye catching dan menarik yang bisa meningkatkan minat pembaca untuk share. Tawarkan beberapa keuntungan untuk user yang bersedia berbagi, bisa download gratis, voucher discount atau berbagai bentuk lainnya yang menarik.
  • Setelah itu Anda harus mempromosikannya. Buat profil yang menarik dan jangan sungkan untuk berinteraksi dengan user.

 

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.