Microsoft Block Linux di Windows 8

msvslinux2 300x224 Microsoft  Block Linux di Windows 8Hey.. Untuk kamu yang menggemari OS Windows pasti sudah tahu bahwa Microsoft bakal menghadirkan Windows 8 tahun ini. Nah, di Windows 8, Microsoft sudah peraturan baru yaitu Persyaratan Sertifikasi Windows Hardware. Persyaratan ini mengatur spesifikasi hardware untuk mesin dimana Windows dapat diinstal. Sebenarnya ini bukanlah hal baru, pasalnya Microsoft sudah mempublikasikan hal ini beberapa tahun lalu.

Untuk Windows 8 secara hukum boleh diinstal pada komputer dengan prosesor ARM dimana mesin harus memiliki modus boot yang sudah dinonaktifkan. Boot mode custom ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan sistem operasi baru ke database sistem, sehingga Anda bisa langsung menginstalnya.

Dengan kata lain, Microsoft menuntut hanya komputer yang berbasih ARM saja yang bisa mengistall Windows 8 dan mengunci sedemikian rupa agar sistem operasi lain tidak dapat menginstal Windows 8. Misalnya sistem berbasis Linux tidak akan pernah bisa menginstal semua sistem dari Windows 8.

Alasan Microsoft membuat persyaratan baru ini adalah untuk memberikan yang terbaik bagi pengguna dengan memberikan keamanan pada hardware Anda. Namun, bagaimana mencegah pengguna dari menginstal sistem opresai non-Windows yang bisa merusak sistem hardware? hal itu tidak akan berpengaruh banyak mengingat pangsa pasar prosesor ARM secara signifikan lebih kecil,yang  berarti persyaratan tersebut tidak akan terlalu berpengaruh kepada pengguna saat ini. Namun jika pangsa pasar ARM tumbuh pesat (terutama dengan diperkenalkannya Ultrabooks yang berbasis ARM pada tahun ini) persyaratan ini akan menjadi masalah yang besar.

 

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.