Sebelum Membuat Google+ Pages for Business

129911 google project 300x196 Sebelum Membuat Google+ Pages for Business Google memang baru saja meluncurkan fitur terbaru yang telah banyak ditunggu oleh para kalangan bisnis. Google+ Page for Businesses memang menjadi fitur unggulan dari Google+ untuk dapat menyaingin Facebook. Secara umum, Google+ Pages memang tidak jauh berbeda dengan Facebook Pages. Layout, Gambar, serta pilihan tampilan admin sangat terpengaruh oleh Facebook Page. Namun pilihan pengaturan brand Page diklaim jauh lebih mudah pada Google+

Google memang menambahkan fitur-fitur andalan yang dapat mengoptimalkan Pages Anda seperti Hangouts yang dapat digunakan untuk followers potensial. Hangouts juga dapat menjadi tempat berinteraksi dengan para konsumen potensial dan lebih personal sehingga pelayanan diharapkan lebih fokus dan memuaskan.

Tampaknya Google memang memberikan pilihan untuk melakukan ‘target pengguna’ dengan memberikan pilihan yang nantinya akan ditampilkan. Hal ini terlihat dari Circle dimana terdapat pilihan postingan dapat terlihat hanya pada Following, Custumers, VIPs dan Team Members. Namun Anda pun berlu berhati-hati dalam hal ini.

Pasalnya jika Anda terbiasa dengan Facebook Pages dimana tidak ada pilihan seperti ini, bukan tidak mungkin informasi internal akan tersebar ke publik hanya karena Anda lupa memilih salah satu pilihan yang ada. Hal ini pernah terjadi dan mungkin akan terjadi lagi.

Selain itu Google+ ternyata ada satu hal yang perlu diketahui. Pada Pages, Google+ menggunakan ‘satu pintu’ dimana hanya ada satu orang yang mendapat akses untuk dapat mlakukan postingan pada akun Pages Google+ mereka. Menurut Robert Scoble, seorang ahli sosial media hal tersebut merupakan kesulitan tersendiri yang akan dialami para brand di Google+ Pages. Padahal pesaingnya, Facebook telah memberikan pilihan multi users pada Pages nya.

Selain itu, pada fitur Google+ Pages Anda dapat menemui pilihan untuk +1 pada sisi kiri halaman dan sisik kanan halaman juga terdapat pilihan untuk menambahkan halaman ke dalam Circle. Hal ini jelas sebuah keanehan karena dua tombol tadi memiliki fungsi yang kurang lebih sama.

Hal dasar dan mungkin paling penting bagi calon pengguna Google+ Pages adalah fakta bahwa Google hanya memiliki sekitar 50 juta pengguna dan kebanyakan bukanlah konsumen yang potensial. Bahkan diantaranya cenderung tidak aktif menggunakan akun mereka. Sehingga Anda harus berjuang untuk mendapatkan fans yang mungkin akan lebih mudah jika dilakukan di Facebook Pages dengan jumlah pengguna yang cukup ‘mapan’

Peoplemeetme.com 😉

Tagged with 

Comments are closed.