Google Kembali Tutup Layanannya

google article 300x199 Google Kembali Tutup Layanannya Setelah sempat menutup layanannya beberapa bulan lalu, saat ini Google kembali melakukan hal serupa kepada layanan yang dianggap memiliki kinerja yang kurang baik. Beberapa layanan yang akan ditutup antara lain Friend Connect, Knol dan beberapa layanan lainnya.

Google menjelaskan bahwa penutupan tersebut terpaksa dilakukan demi optimalisasi pada pengembangan layanan lainnya. “Kami sedang dalam proses menutup sejumlah produk yang tidak memiliki kinerja yang baik seperti yang kami harapkan” Ujar Vice Presiden of Operation, Googlem Urs Holze dalam sebuah posting blog.

Seperti diwartakan PC World pada Rabu (23/11/2011), Friend Connect kemungkinan besar akan ditutup oleh Google karena dianggap tidak produktif. Layanan tersebut pada dasarnya memungkinkan website termasuk fitur sosial di situs mereka sehingga pengunjung dapat memberikan komentar, sign-in, melihat pengguna lain dan memberikan suara dalam sebuah jajak pendapat.

Friend Connect sendiri diluncurkan pada tahun 2008. Sesaat kemudian Facebook memblokir layanan tersebut sehingga akses data pengguna Facebook pun terbatas. Facebook beralasan bahwa Friend Connect dapat mengakses data pengguna tanpa izin. Selain itu, layanan ini ternyata merupakan rival dari layanan serupa di Facebook yakni Facebook Connect.

Google saat ini telah menutup hasil pencarian untuk Friend Connect. Namun untuk beberapa hasil pencarian pada periode tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan tools yang muncul di sisi kiri halaman pencarian.

Selain Friend Connect, Google juga menutup Renewable Energy Cheaper karena menilai organisasi-organisasi lain telah lebih dulu dan cocok untuk meneliti teknologi tenaga surya. Sementara Knol, sebuah layanan sejenis Wikipedia juga ditutup dan digantikan dengan platform lain bernama Annotum.

 

Peoplemeetme.com 😉

Comments are closed.